Peristiwa

Gara-Gara Rokok Sebatang,Sebelas Rumah Rata Dilalap Sijago Merah

SIANTAR,DETIKTIPIKORNEWS.com – Awalnya dua unit rumah huni dan satu gudang dilalap si jago merah yang terletak di Jalan Medan Kelurahan Asuhan Kecamatan Siantar Timur Kota Siantar, Senin (6/2) sekira pukul 11.45 wib.

Warga pun beramai-ramai mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sementara sebagian warga lainnya mencoba menolong para korban untuk menyelamatkan barang-barang dari dalam rumah.

Inisiden kebakaran tersebut terus membesar hingga merambat dan menghanguskan sebelas rumah. Saat di lokasi kejadian, awak media berhasil mengkondirmasi beberapa orang pemilik rumah yakni Monang Silalahi, Naibaho, Tiur boru Sibarani, Manurung, Sorta boru Hutapea, Biston Manik, Sumiati, Nalum Sinaga, marga Sihombing dan marga Sinambela.

Api berhasil di padamakan oleh pihak petugas Damkar sekira pukul 13.00 Wib. Sementara pihak kepolisian sudah dilokasi dan melakukan olah TKP. penyebab kebakaran diduga akibat api rokok.

Menurut informasi diperoleh, api berasal dari rumah yang berada pada deretan paling ujung. Bangunan yang rata-rata merupakan bangunan semi permanen membuat api cepat menjalar dari satu bangunan ke bangunan lainnya.

Warga pun beramai-ramai mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sementara sebagian warga lainnya mencoba menolong para korban untuk menyelamatkan barang-barang dari dalam rumah.

Seorang warga setempat A Hutauruk urus (51) saat ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, api awalnya muncul dari tetangga rumah Boru Gultom, “ api berasal dari rumah yang paling ujung lae. Penghuninya merokok di tempat tidur, mungkin ketiduran dan tidak menyadari api jatuh ke atas kasur lalu membakar kasur itu. Apalagi komplek perumahan disini cukup padat dan sebahagian rumah disini semi permanen sehingga kalau terbakar semua pasti ikut juga terbakar”, “katanya menjelaskan.

Beberapa saat kemudian, enam unit pemadam kebakaran milik Pemko Siantar dan STTC bergantian datang ke lokasi untuk memadamkan api. Sekira dua jam api berhasil dipadamkan oleh personil pemadam kebakaran yang dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Siantar.

Sementara data yang diperoleh dari Kapolsek Siantar Martoba AKP David Sinaga mengatakan kepada wartawan bahwa akibat kebakaran tersebut sebelas rumah warga dan satu gudang hangus terbakar. “sebelas rumah dan satu gudang habis terbakar pak”.”tutupnya.

Reporter : MT

Editor       :Zulham

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top