Pendidikan

Rp 12,4 Miliar Digelontorkan Untuk Rehab Dan Bangun Gedung Sekolah

BINTAN,DETIKTIPIKORNEWS.com – Meningkatkan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah, tahun 2017 lalu Pemkab Bintan bersama Pemerintah Pusat telah membangun dan merenovasi gedung SD dan SMP di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, Selasa (27/2/2018).

Baru-baru ini Apri meresmikan salah satu sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 12, sekaligus penandatanganan Prasasti dan USB TK Muhammadiyah 2 Bintan.

“Pemerintah Kabupaten Bintan fokus pada masalah pendidikan. Kita tidak bisa meningkatkan mutu pendidikan kalau sarananya saja kurang. Untuk itu lah, walau pun secara bertahap Pemerintah Daerah sangat serius berupaya untuk memenuhi kebutuhan sarana fisik di sekolah,” jelas Apri saat menyampaikan sambutan.

Di tahun 2017, Disdik Bintan telah memperbaiki dan memvalidasi data pokok pendidikan (Dapodik) di seluruh SD dan SMP se Kabupaten Bintan. Dari situ lah pembangunan dan renovasi bangunan sekolah dilakukan.

Pembangunan fisik serta rehabilitasi gedung SD dan SMP melalui dana APBD sebesar Rp. 5,3 Milyar (Rehab, RKB, Faving Blok, Batu Miring dan lain-lain).Selain itu, Pembangunan fisik serta rehabilitasi gedung SD dan SMP melalui dana DAK sebesar Rp. 1,1 Milyar, rehabilitasi gedung SD dan SMP melalui Bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp. 6 Milyar.

Kadisdik Bintan, Tamsir saat ditemui mengatakan bahwa di Kabupaten Bintan untuk tingkat Sekolah Dasar masih dibutuhkan hampir 80 ruangan kelas. Menindaklanjuti hal ini, Pemerintah Daerah akan berupaya semaksimal mungkin secara bertahap untuk dapat mewujudkannya.

“Secara bertahap akan kita realisasikan semua kebutuhan. Tidak bisa sekaligus memang, tapi Pemkab Bintan atas arahan Bapak Bupati meletakkan prioritas pokok dalam hal ini. Tidak hanya dari DAK, tetapi kita akan coba berkordinasi terus dengan Pemerintah Pusat. Ini semua sebagai langkah pasti meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bintan agar dapat bersaing dengan daerah lainnya.

Dalam peresmian kali ini, Apri meresmikan renovasu gedung SMPN 2 Bintan dengan total anggaran Rp. 1,7 Milyar dan Unit Sekolah Baru (USB) TK Muhammadiyah 2 Bintan dengan total anggaran Rp. 300 Juta. Peresmian ini juga disejalankan dengan penyerahan hasil Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Rehabilitasi gedung SD dan SMP Tahun Anggaran 2017 yang bersumber dari APBD Bintan dan Pemerintah Pusat.

Reporter ;(jo)

Editor      :Zulham

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top