Dunia

Untuk Menngkatkan Keamanan Di Selat Malaka Bea Cukai Indonesia Dan Kastam Malaysia Lakukan Kerja Sama

BATAM,DETIKTIPIKORNEWS.com – Keterangan Heru Pambudi Direktur Jenderal Bea Cukai (BC) membuka pelaksanaan Operasi Patroli Terkoordinasi (Patkor) Kastam Indonesia- Malaysia atau Operasi Patkor Kastima 23 A Tahun 2017 di Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tipe A Tanjung balai Karimun, Kamis (7/9).

Berdasarkan konferensi pers Heru mengatakan ,ini untuk menekan aksi penyeludupan di Selat Malaka. Patroli ini juga langkah antisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan pengawasan laut sebagai efek digencarkannya program penertiban impor berisiko tinggi di pelabuhan utama. Patkor Kastima merupakan bukti eratnya hubungan bilateral dalam bidang kepabeanan dan cukai.

Dimana Wilayah strategis dan kondisi geografis Selat Malaka merupakan salah satu jalur penting perdagangan dunia. Diperlukan sinergi dan koordinasi yang baik antara Indonesia dan Malaysia guna mengamankan Selat Malaka dari tindakan ilegal yang merugikan dan mengancam kedua negara,” ujar Heru.

Patkor Kastima tahun ini akan berlangsung 30 hari dan akan ditutup di Malaysia awal November nanti. Heru mengatakan, untuk mendukung operasi ini, Kastam Diraja Malaysia mengerahkan 9 kapal patroli, sedangkan BC Indonesia mengerahkan 10 kapal patroli. Ke-19 kapal ini akan beroperasi mulai dari perairan Kuala Langsa, Belawan, Tanjungbalai Asahan, Tanjung sinaboy, Tanjung parit hingga Batam.

Disamping itu juga ,Zulkifly juga mengatakan bahwa di Malaysia terhadap narkoba menerapkan hukuman mati maka dari itu kita akan tingkatkan pengawasan lagi.

Begitu juga dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta kementerian lain, Kepala Kastam Malaysia Zukifli berharap Patkor Kastima ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi kedua negara dalam menjaga Selat Malaka dari tindak kejahatan,ungkap Pak Zul.

Sementara di wilayah Malaysia dimulai dari perairan Langkawi, Pulau Pinang, Lumut, Pelabuhan Klang, Port Dickson, Muar hingga Sungai pulai. “Kami menurunkan 140 personel, sedangkan dari Malaysia ada 90 personel,” katanya. Selain Patkor Kastima ini, BC juga berupaya meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan semua pihak yang mempunyai kewenangan penegakan hukum di laut seperti TNI, Polri, dan Bakamla.

Reporter : (rs/fran)

Editor :zulham

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top