Nasional

Waduh Mengerikan Sekali, Kasus HIV/AIDS Dumai Peringkat ke-16 Nasional

potretnewscom_aawqv_7962DUMAI,DETIKTIPIKORNEWS.com – Memiliki pelabuhan dan kawasan industri yang cukup berkembang, Kota Dumai di Provinsi Riau dijadikan sebagai kota transit dari sebuah industri atau perdagangan. Tak dipungkiri penyebaran virus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) bisa terjadi di sektor pelabuhan.

Dari data yang dihimpun Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Dumai, dari bulan Januari hingga bulan September sudah 387 orang mengikuti program VCT (Voluntary Counselling and Testing), untuk dilakukan pemeriksaan terinfeksi HIV/AIDS atau tidak.

Dikutip potretnews.com dari GoRiau.com Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Diskes Dumai, Romauli mengatakan dalam dalam acara sosialisasi penyebaran virus HIV/AIDS, bahwa hingga bulan September sudah 328 orang terinfeksi virus HIV/AIDS dan 153 orang meninggal dunia.

“Kota Dumai peringkat kedua di Provinsi Riau, setelah Kota Pekanbaru. di Indonesia peringkat ke-16,” bebernya, Selasa (11/10/2016).

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Dumai, Eko Suharjo menjelaskan, bahwa program VCT untuk sektor pelabuhan sudah dimulai sejak Januari 2016. Untuk targetnya sendiri merupakan laki-laki, karyawan perusahaan, anak buah kapal (abk), sopir truk pelabuhan dan ojek pelabuhan.

“Dari Juli-September, target KPA Dumai ada 876 orang yang diperiksa melalu VCT, apakah mereka terinfeksi virus mematikan ini atau tidak. Juga sosialisasi kepada 2.707 masyarakat yang harus diberikan informasi untuk sektor pelabuhan,” ujarnya. ***

Sumber :potretnews.com (Mukhlis)

Editor : zulham

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top